Mengenal Kucing Abyssinian, Salah Satu Jenis Ras Kucing Tertua

1:01 PM
Tentang Kucing Abissinian - Kucing Abyssinian adalah salah satu ras kucing berbulu pendek yang paling populer di Amerika Serikat. Abyssinian juga merupakan salah satu ras kucing tertua yang pernah diketahui. Abyssinian menyerupai lukisan dan patung yang berasal dari zaman Mesir kuno. Perdagangan ras kucing ini dilarang oleh bangsa Mesir. Selain itu, bangsa Mesir juga mendirikan kuil khusus untuk memuja Abyssinian. Mumi Abyssinian banyak ditemukan pada makam-makam bangsa Mesir kuno. Pada saat bangsa Romawi menguasai Mesir, Abyssinian pernah dibawa ke Inggris, dengan tujuan melindungi ladang gandum dari tikus disana.[2] Harga Abyssinian terbilang sangat mahal, yaitu antara $700-$1500[3] atau sekitar 8-17.5 juta rupiah.
Mengenal Kucing Abyssinian, Salah Satu Jenis Ras Kucing Tertua
Kucing Abyssinian
Sumber gambar : thecatsite.com

Asal Kucing Abyssinian
Ada banyak orang yang mengatakan bahwa ras kucing ini berasal dari Ethiopia, yang pada kenyataannya, teori tersebut masih diragukan kebenarannya, karena belum ditemukan bukti yang valid.

Teori lainnya yang juga diragukan karena ditemukan keterkaitannya dengan kucing Abyssinian yang terdaftar pada tahun 1882 adalah, ada yang mengatakan bahwa kucing ini berasal dari Mesir, yang kemudian pada tahun 1868 dibawa ke Alexandria oleh tentara Inggris. Teori ini mungkin dapat dikatakan benar, karena penampilan kucing Abyssinian terlihat mirip dengan patung kucing yang ditemukan di banyak kesenian Mesir kuno.

Sejarah Kucing Abyssinian
Kata "Abyssinian" berasal dari Ethiopia. Pada tahun 1871, Abyssinian pertama kali mengikuti kontes kucing di Inggris. Abyssinian pernah dilaporkan bahwa kucing ini diimpor dari negara Ethiopia setelah ditangkap pada akhir perang Abyssinian.
Baca juga : Kucing Manx, Kucing Bulu Pendek Tanpa Ekor
Para ahli genetik yang melakukan penelitian terakhir telah mengungkapkan bahwa, Abyssinian berasal dari pesisir laut India (Samudera Hindia) di pantai Mesir dan sebagian di Asia Tenggara. Abyssinian yang paling awal dikenal berada di sebuah Museum Zoologi Leiden di Belanda, yang telah mengatakan bahwa pada sekitar tahun 1834-1937, Abyssinian pernah dibeli oleh pedagang kucing liar di India. Ras kucing Abyssinian dimurnikan di Inggris, dengan kemungkinan besar kolonisasi ras kucing Abyssinian merupakan akibat para pedagang Inggris yang singgah di Calcutta dan membeli kucing tersebut.

Pada sekitar tahun 1900, Abyssinian pertama kali diimpor ke Amerika Utara. Kemudian, sekitar tahun 1930, Abyssinian dengan kualitas baik diimpor lagi ke wilayah tersebut.

Karakteristik Kucing Abyssinian
Abyssinian memiliki telinga dan moncong yang runcing, sehingga kepalanya berbentuk seperti segitiga. Matanya berbentuk seperti kacang almond, bulu kepalanya memiliki warna cenderung lebih hitam, dan moncong berwarna putih. Abyssinian memiliki badan yang berotot dan panjang dengan tangan dan kaki yang panjang serta ramping. Rata-rata, Abyssinian memiliki ekor yang panjang dan runcing.

Abyssinian memiliki warna bulu yang unik dan menjadi ciri khususnya, yaitu warna kecoklatan. Abyssinian memiliki bulu halus di atas dengan warna dasarnya kehitam-hitaman, sehingga mirip dengan warna kucing gurun. Bulunya akan terasa halus dan lembut pada saat di sentuh. Ciri khas pola warna bulu Abyssinian adalah ticked agouti, yaitu berbintik-bintik.

Kepribadian Kucing Abyssinian
Abyssinian merupakan kucing yang sangat cerdas, pendiam, senang berada disekitar manusia, dan selalu ingin tahu apa yang sedang dikerjakan oleh pemiliknya. Abyssinian akan senang jika selalu diperhatikan oleh pemiliknya, sehingga terkadang Abyssinian akan mengeluarkan suara meongan yang manja. Abyssinian juga sangat setia pada pemiliknya. Selain itu, Abyssinian juga termasuk kucing yang penurut, tidak senang merusak barang, mudah dilatih, dan tingkah lakunya selalu membuat pemiliknya terhibur dan tertawa.

Kesehatan Kucing Abyssinian
Abyssinian memiliki sedikit masalah penyakit, seperti sakit pada gusi, dengan gejala mulutnya menjadi bau, kemudian akan terjadi infeksi pada gusi yang dapat membuat giginya rontok.

Sumber : Wikipedia

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔